SELAMAT DATANG DI DESA KANDANGAN KECAMATAN NGAWI

Artikel

PERTEMUAN KADER POSYANDU DESA KANDANGAN DALAM MENCEGAH PENYAKIT TBC DAN BAHAYA NARKOBA

20 Mei 2024 11:44:10  Administrator  88 Kali Dibaca  Berita Desa

kandangan.desa.idSenin, 20 Mei 2024 bertempat di Aula Kantor Desa kandangan, Pemerintah Desa Kandangan Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi melaksanakan kegiatan Pertemuan Forum Kader Melati yang dilaksanakan setiap bulan sekali. Tujuan diadakan pertemuan ini untuk mengevaluasi pelaksanaan Posyandu Balita yang diadakan setiap bulannya dan Kegiatan posyandu lainnya seperti Posyandu Lansia, Remaja dll. Kegiatan di buka Oleh Ny.Ririn Pariyanta selaku Ketua Tp PKK Desa Kandangan  dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang Kader.

Dalam Pertemuan ini membahas tentang TBC (Tuberkulosis) dan Narkoba. Dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan  kasus TBC di Desa Kandnagan KEcamatan Ngawi Kabupaten Ngawi, dilaksanakan  kegiatan pertemuan pemberdayaan kader masyarakat dalam pengawasan minum obat dan investigasi kontak TBC serta pemberian terapi pencegahan TBC.

 

Dalam pencegahan dan pemberantasan TBC, masyarakat memegang peranan yang sangat penting. Melalui pemberdayan masyarakat  diharapkan mampu menurunkan angka TBC di masyarakat. Penyakit TBC adalah penyakit yang dapat disembuhkan jika penderita melakukan pengobatan dan menelan OAT secara teratur minimal enam bulan. Oleh karena itu diperlukan  Pengawas Minum Obat (PMO). PMO ini bisa dari petugas kesehatan, kader kesehatan dan anggota keluarga. PMO adalah  seseorang yang dipercaya untuk memantau penderita TB Paru untuk minum obat secara teratur.

Salah satu fungsi Posyandu Remaja yaitu sebagai tempat sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan pernikahan usia anak. Dampak narkoba pada remaja mengakibatkan Kriminalisasi oleh kalangan remaja meningkat, rusaknya sistem reproduksi remaja bahkan mengakibatkan kematian. sehingga perlu sekali pendampingan dan pengawasan tentang baha narkoba yang dimulai dari keluarga, lingkungan sekitar dan Kader posyandu.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menurunkan angka penyakit TBC dan terhindar dari bahaya narkoba.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi KM 5 Desa Kandangan Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi
Desa : Kandangan
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : pemdeskandangan05@gmail.com