SELAMAT DATANG DI DESA KANDANGAN KECAMATAN NGAWI

Artikel

PEMDES KANDANGAN MELAKSANAKAN GIAT FOGGING UNTUK CEGAH DBD

16 Januari 2024 12:31:13  Administrator  37 Kali Dibaca  Berita Desa

kandangan.desa.id- Sebagai upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Desa Kandangan Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi melakukan fogging di Sekolah Dasar, Taman Kanak - Kanak, Pustu, Kantor Desa dan Lingkungan rumah warga, Selasa (16/01/2024).

.

“Fogging ini bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa yang aktif berkeliaran serta meredam masyarakat tentang kekhawatiran kasus DBD yang semakin meningkat di Desa Kandangan,” ujar Pariyanta (Kepala Desa Kandangan).

Pariyanta menerangkan bahwa Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD yang dipercaya efektif sebagai upaya penanggulangan saat terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit DBD dan yang terpenting adalah PSN 3M Plus .

Langkah ini biasa disebut dengan 3M Plus, yaitu:

- Menguras tempat penampungan air.

- Menutup tempat-tempat penampungan air.

- Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

.  

Beberapa upaya pencegahan tambahan dapat dilakukan oleh warga masyarakat Desa Kandangan seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancer serta menanam tanaman pengusir nyamuk,” kata Pariyanta (Kepala Desa Kandangan).

Diharapkan dengan kegiatan fogging dan sosialisasi PSN 3M plus ini dapat menurunkan angka penyebaran penyakit DBD di Desa Kandangan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Supriyadi KM 5 Desa Kandangan Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi
Desa : Kandangan
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email : pemdeskandangan05@gmail.com